Rancangan Visi dan Misi BEM Fasilkom 2009

Pemanfaatan TIK pada suatu organisasi

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berkembang dengan pesat di berbagai bidang yaitu kesehatan, pendidikan, pariwisata, hingga bisnis dan investasi. Menurut Kementrian Negara Riset dan Teknologi (2006), “TIK sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi”. Hal ini juga dikatakan oleh Zainal (2007) bahwa pesatnya perkembangan TIK membuka peluang dan tantangan yang berkaitan dengan menciptakan (to create), mengakses (to access), mengolah (to process), dan memanfaatkan (to utilize) informasi secara tepat dan akurat. Informasi adalah komoditi yang berharga karena dapat meningkatkan daya saing suatu organisasi (salah satunya adalah BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa)). BEM Fasilkom (Fakultas Ilmu Komputer) UI (Universitas Indonesia) sebagai lembaga eksekutif tingkat fakultas belum memanfaatkan TIK secara optimal.

Berdasarkan pengalaman penulis menjadi anggota dan pengurus BEM selama dua tahun di BEM Fasilkom, pemanfaatan TIK hanya menggunakan milist (mailing list), blog, dan forum di SCeLE (website sarana belajar dan berkomunikasi sivitas Fasilkom UI). Hingga tulisan ini dibuat, penulis mengetahui belum adanya sistem informasi yang terintegrasi yang memfasilitasi bidang atau biro yang ada di BEM Fasilkom UI. Selain menggunakan sistem informasi, bisa juga digunakan layanan yang ada di internet, misalkan menggunakan vCalendar yang merupakan sistem untuk mengatur jadwal proker yang ada di suatu organisasi. Penggunaan TIK pada suatu organisasi kemahasiswaan salah satu manfaatnya adalah tidak terjadi benturan acara antara suatu organisasi dengan organisasi lainnya, salah satu solusinya adalah menggunakan vCalendar.

Visi dan Misi BEM Fasilkom UI 2009

Sebuah organisasi tentunya harus memiliki tujuan yang harus dicapai dan cara-cara mencapai tujuan tersebut. Di bawah ini adalah sebuah rancangan visi, misi dan sebagian proker (program kerja) yang penulis anggap terbaik dari BEM Fasilkom UI 2009.

Visi : “Lebih hidup dan berwarna dengan BATIK (Bener-bener Asyik dengan TIK)!

Misi :

1. Mewujudkan lembaga mahasiswa profesional yang berbasis TIK.
2. Mewujudkan kultur ilmiah di kalangan mahasiswa Fasilkom.
3. Meningkatkan mutu pelayanan terhadap mahasiwa Fasilkom.
4. Menjadikan BEM Fasilkom sebagai organisasi yang inovatif.

Proker-proker Unggulan :

* CompFest (Computer Festival)

Proker ini menunjukkan eksistensi BEM Fasilkom UI yang core competence-nya adalah IT di masyarakat.

* CGT (Computer Get Together)

Proker ini sebagai acara yang menguatkan silaturahmi sivitas Fasilkom UI.

* CS League

Proker ini sebagai wadah mahasiswa berolahraga terutama futsal, penambahan dari proker ini adalah bekerja sama dengan sponsorship dari pihak luar atau eksternal.

* LITIK (Lomba Inovasi dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi)

Proker ini bersifat nasional, nantinya akan diadakan lomba membuat inovasi berupa karya tulis ataupun perangkat lunak di bidang TIK.

Kesimpulan

Peranan TIK dalam kehidupan sehari-hari mempermudah hidup kita. Pemira Fasilkom UI yang diadakan oleh DPM Fasilkom UI pun tidak lagi menggunakan kertas untuk mencoblosnya, tetapi menggunakan sistem yang diakses secara online. Penggunaan sistem online sangat bermanfaat yaitu dalam menghemat kertas yang memang banyak digunakan dalam sebuah Pemira Fasilkom UI. Penulis harap penggunaan TIK dalam suatu organisasi (salah satunya BEM) dapat meningkatkan profesionalitas dan mampu memberikan manfaat kepada semua elemen Fasilkom UI.

Referensi:

[1] Hasibuan, Zainal A. Langkah-langkah Strategis dan Taktis Pengembangan E-Goverment untuk Pemda. Jurnal Sistem Informasi MTI UI Vol.3 No.1 April 2007.

[2] Kementerian Negara Riset dan Teknologi. 2006. Buku Putih. Penelitian Pengembangan dan Penerapan IPTEK Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahun 2005-2025. Jakarta:Kementerian Negara Riset dan Teknologi.

Advertisements

One thought on “Rancangan Visi dan Misi BEM Fasilkom 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s